BISNIS ONLINE

Kemajuan teknologi di bidang internet menyebabkan muncul maraknya bisnis di dunia maya ini. Dikenal dengan bisnis online. Ada bisnis ebook, bisnis investasi dan banya lagi bisnis internet. Tetapi hati-hati dalam memilih bisnis internet, karena ada bisnis yang tidak membayar/memberikan bonus ke member. Semua bisnis online itu ada yang tidak menggunakan modal, tapi ada juga yang menggunakan modal hingga ratusan ribu rupiah. Dan modal itu harus kita kirimkan ke rekening yang sudah ditentukan oleh pemilik bisnis online tersebut.

Maraknya bisnis online yang berkembang saat ini membuat banyak pihak berlomba-lomba untuk ikut berpartisipasi. Hal ini terlihat dari penggunaan beberapa social media sebagai sarana untuk berjualan online, seperti facebook yang digunakan sebagai media online shopping. Costumer hanya perlu membuka facebookdan memilih barang yang diminati, selanjutnya setelah pembayaran dikonfirmasi barang akan langsung dikirim. Kostumer tidak perlu repot-repot mengunjungi beberapa tempat untuk mencari barang yang mereka inginkan.

Kemudahan seperti ini yang membuat perkembangan bisnis online semakin marak. Dapat dilihat sekarang banyak bermunculan penjualan voucher-voucher yang memberikan potongan harga dengan sangat miring. Bisnis seperti ini dikenal dengan sebutan daily deals, seperti DealKeren, Lapar, Hemat, dan sebagainya. Dalam bisnis online ini, kostumer dapat membeli barang dengan potongan harga hingga 90%.

Dengan banyaknya kemunculan bisnis online dewasa ini, dapat dilihat perkembangannya beberapa tahun ke depan. Mungkin selanjutnya semua dapat dilakukan hanya dengan “click” saja.

Bisnis online di Indonesia sendiri juga telah mengalami perkembangan yang pesat dalam satu dekade terakhir. Hal ini didorong oleh perkembangan komputer yang demikian pesat dan perkembangan kelistrikan di Indonesia. Banyaknya kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan bisnis online, sehingga berkembang dengan pesat. Dalam memulai bisnis secara online harus memiliki persyaratan tertentu, diantaranya PPC, TLA, Bisnis Affiliate, PTR, dan lain sebagainya.
Bisnis online memiliki prospek yang cukup besar pada saat ini dan dimasa mendatang dimana hampir semuaorang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam hal memenuhi kebutuhan. Banyak orang menginginkan dapat membangun suatu kerajaan bisnis online sendiri, tidak dipungkiri banyak orang yang meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis online tetapi tidak sedikit yang berhenti ditengah jalan sebelum mendapatkan sesuatu yang diharapkan.

Mewabahnya bisnis online pada saat sekarang ini tidak hanya berdampak positif bagi pelaku bisnis tersebut,tidak jarang para pelaku bisnis ini harus menghadapi berbagai macam jenis penipuan,khususnya yang di tujukan kepada pembeli. Dengan menawarkan jenis barang dengan harga yang sangat menggiurkan membuat para pembeli tidak berfikir panjang untuk berbelanja online. Banyak dari mereka yang mengalami penipuan tersebut,misalnya para penjual meminta uang di transfer dahulu nanti barang akan langsung dikirim dan dengan kemampuannya yang terbatas maka pembeli secara langsung mentransfer uang tersebut pada akhirnya barang yang dijanjikan tidak kunjung datang dan alamat website penjual tersebut sudah tidak ada lagi.

Maraknya kasus penipusan berkedok bsinis online membuat kita harus terus waspada dengan tidak begitu saja percaya dengan orang-orang yang dikenal lewat dunia maya,yang tidak jelas asal usulnya,dimana kantor tempat dia menjalankan bisnis tersebut. Ada baiknya kita terus menggali pengetahuan tentang baik dan buruknya menjadi pebisnis online agar penipuan berkedok bisnis online dapat diminimalisir hingga akhirnya dihilangkan.

 

Narasumber :

http://ismi-yuki.mhs.narotama.ac.id/2012/10/20/analisis-bisnis-online/

http://nyoman01.blogspot.com/

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s