USAHA KECIL DAN SERBUAN BARANG IMPOR

Usaha kecil sebagai usaha rakyat di Indonesia seharusnya sudah menjadi motor dalam pertumbuhan ekonomi. Berbasis usaha mikro mampu tumbuh dan berkembang di daerah pedesaan. Namun seiring perjalanan waktu usaha kecil semakin lama semakin langka keberadaannya. Keadaan demikian sangat di pengaruhi oleh semakin tidak  terkendalinya  serbuan barang impor yang masuk ke Indonesia.

Keadaan menjadi demikian dikarenakan kurangnya pengendalian masuknya barang impor oleh pemerintah. Lemahnya pengawasan dalam kegiatan impor juga semakin menambah impor illegal yang dilakukan oleh instansi tertentu. Kongkalikong antara pengimpor dengan pihak berwenang di Indonesia sangat memudahkan kegiatan mereka. Jika sudah demikian usaha kecil di Indonesia tidak akan mampu bertahan dalam jangka waktu 5 tahun mendatang,usaha kecil yang tidak mampu berinovasi akan semakin tertinggal bahkan gulung tikar.

Impor produk yang merajai di Indonesia berasal dari Cina,Negara tersebut sangat mengerti apa yang sedang trend di Indonesia,mereka akan buat produk tersebut semirip mungkin bahkan di jual dengan harga murah jauh di bawah harga produk asli Indonesia. Jika di bandingkan produk asli Indonesia dengan produk Cina,masih jauh lebih baik kualitas barang asli produk Indonesia,itu karena proses pemilihan bahan baku hingga proses pembuatannya benar-benar menggunakan kualitas yang baik.

Keadaan perekonomian di Indonesia yang belum tumbuh sesuai yang diharapkan ditambah pendapatan perkapita penduduk Indonesia yang rendah sangat mempengaruhi pola konsumsi masing-masing penduduk. Produk yang lebih murah akan mereka beli tanpa harus memikirkan masalah kualitas. Bagi sebagian besar penduduk,kualitas tidak terlalu penting karena mereka yakin membeli produk dengan kualitas baik akan membutuhkan uang lebih untuk membelinya.

Namun adapula sebagian masyaratak Indonesia dari kalangan menengah atas lebih menyukai produk luar negeri dengan brand terkenal yang harganya jauh lebih mahal dari produk asli Indonesia. Mereka akan lebih bangga menggunakan produk-produk luar negeri karena memberikan kepuasan tersendiri. Pola pikir inilah yang harus dirubah guna membantu meningkatkan usaha kecil menengah agar mampu bersaing dengan produk dari luar. Peran pemerintah dalam mengembangkan usaha kecil di Indonesia sangat penting terutama dalam memudahkan pemberian kredit usaha kecil,pemberian izin usaha dan yang paling utama adalah mengendalikan masuknya produk impor agar tidak menguasai pasar Indonesia. Pemerintah juga dapat menciptakan brand produk asli Indonesia dan membantu untuk dapat memasarkannya di luar negeri.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s