MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

                Pada kesempatan yang pertama ini saya ingin mencoba membahas mengenai kaitan manusia dan kebudayaan.Saya awali tulisan ini dengan memberikan rincian pengertian manusia dan kebudayaan.

                Manusia adalah makhluk yang mempunyai akal dan pikiran untuk berpikir secara logis dan dinamis,serta sebagai makhluk sosial.Budaya adalah suatu pola dari keseluruhan keyakinan dan harapan yang di pegang teguh secara bersama oleh semua anggota organisasi dalam pelaksanaan dalam pelaksanaan pekerjaan yang ada dalam organisasi tersebut.Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia.

                Manusia tidak dapat dipisahkan dari budaya karena manusia adalah bagian dari makhluk budaya.Kebudayaan dapat membentuk kepribadian seorang manusia.Kebudayaan juga memiliki kegunaan yang sangat besar bagi manusia,karena dengan kebudayaan manusia dapat menghasilkan suatu karya yang bermanfaat bagi individu-individu lainnya.

                Setiap manusia memiliki kebudayaan yang berbeda beda karena setiap wilayah memiliki komunitasnya masing masing.Perbedaan yang ada sangatlah wajar karena adanya kebudayaan di pengaruhi oleh faktor alam,manusia itu sendiri dan lainnya.

                Secara garis besar manusia sebagai makhluk sosial adalah bagian dari kebudayaan,tanpa adanya budaya,manusia tidak memiliki identitas dirinya.Intinya manusia adalah sebagai makhluk budaya yang tidak dapat hidup tanpa berinteraksi dengan orang lain.

Dengan demikian ada baiknya kita dapat memilah milah mana kebudayaan yang akan berdampak negatif dan mana kebudayaan yang akan berdampak positif bagi diri kita khususnya juga bagi masyarakat pada umumnya.Karena baik atau buruknya dampak dari kebudayaan itu sangat di pengaruhi oleh pola pikir manusia itu sendiri terhadap kebudayaan yang ada di sekitarnya.

Demikian pembahasan saya tentang manusia dan kebudayaan,semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s