KONSEP ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTERAAN

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang konsep ilmu budaya dasar dalam kesusasteraan.Sebelumnya saya akan menjelaskan tentang ilmu budaya dasar.Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang berkaitan dengan nilai kita sebagai makhluk sosial.

Secara sederhana ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang di harapkan mampu memberikan pengetahuan dasar dan umum untuk mengkaji manusia dan kebudayaan.Ilmu budaya dasar bukan merupakan sastra,tetapi ilmu budaya dasar menggunakan karya sastra untuk mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya.

Sastra adalah cara lain manusia berkomunikasi dengansekitarnya secara tulisan.Karya sastra merupakan wujud ungkapan pengarang.Kesusasteraan adalah segala nilai kebaikan yang di tulis dengan bahasa yang indah.

Pengaruh kesusasteraan sangat besar dalam bermasyarakat karena manusia dapat menyampaikan apa yang di inginkan dirinya ataupun masyarakat melalui bahasa komunikasi yang lain.Misalnya puisi,prosa,pantun,novel dan lain-lain.

Kebudayaan tercermin dalam seni bahasa,sastra,aliran pemikiran,falsafah dan bentuk spiritualis serta kebijakan moral yang di kembangkan dan di hasilkan dalam suatu negara.

Hubungan sastra dan seni dengan ilmu budaya dasar yaitu sastra adalah seni yang di gunakan sebagai salah satu alat untuk membahas masalah-masalah kemanusiaan dan kebudayaan sebagaimana tujuan dari ilmu budaya dasar.Dalam ilmu budaya dasar sastra tidak di ajarkan sebagai salah satu disiplin ilmu.Sastra disini di gunakan sebagai alat untuk membahas masalah-masalah kemanusiaan yang dapat membantu mahasiswa untuk lebih humanis atau manusiawi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s