PERANAN KOPERASI TERHADAP PERKEMBANGAN EKONOMI DI INDONESIA

Menurut UU Nomor 25 tahun 1992 koperasi adalah bidang usaha yang beranggotakan orang atau badan hokum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

Dalam tulisan saya kali ini ingin membahas “Pentingnya KUD dalam memperkuat ekonomi Indonesia pada tahun 2013”. Koperasi Unit Desa adalah sebuah bentuk koperasi yang berlokasi didaerah pedesaan, daerah kinerjanya biasanya mencakup satu wilayah kecamatan. Pembentukan KUD merupakan penyatuan dari beberapa koperasi pertanian yang kecil dan banyak jumlahnya dipedesaan. KUD juga secara resmi didorong perkembangannya oleh pemerintah.

Mengapa KUD sangat berperan penting dalam memperkuat ekonomi di Indonesia?

Karena KUD adalah sebuah lembaga dimana anggotanya kebanyakan adalah masyarakat berpendapatan menengah kebawah. Para anggota KUD kebanyakan adalah petani. KUD juga menjadi wadah bagi kelompok tani yang ada sehingga kelompok tani yang di bentuk akan bersifat permanen dan dapat terkoordinir dengan baik. Manfaat KUD ini sangat banyak,antara lain membantu orang-orang yang kurang mampu dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat luas. Itulah sebabnya mengapa KUD dapat memperkuat perekonomian di Indonesia.

Peranan KUD disini diharapkan dapat membantu para petani yang ada di desa,dalam hal ini koperasi bertindak membeli semua hasil panen para petani untuk dijual kembali dengan harga yang sesuai dengan harga pasar,dengan kata lain untuk menghindari para pedagang yang ingin memonopoli semua hasil pertanian dengan harga murah di bawah harga pasar sehingga petani mengalami kerugian. Selain itu para petani juga mendapatkan fasilitas kredit dari koperasi. Dana yang diperoleh ini digunakan untuk pembelian pupuk,pembelian bibit dan lain-lain.

Tonggak dari kekuatan ekonomi Indonesia dapat dilihat dari seberapa besar tingkat kesejahteraan masyarakatnya yang ada di pelosok pedesaan. Jika setiap desa koperasinya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan awalnya mensejahterakan para anggota pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya maka dapat dengan cepat pembangunan ekonomi dipedesaan meningkat. Jika setiap desa  perekonomiannya meningkat akan berdampak pada meningkatnya perekonomian Indonesia dalam skala nasional.

Menurut menteri koperasi dan UKM Syarief Hasan,pada awal oktober 2012,beliau bertekad akan mengembalikan KUD menjadi kekuatan ekonomi Indonesia pada tahun 2013. KUD juga dapat menjadi kekuatan ekonomi rakyat yang dapat diandalkan pemerintah. Revitalisasi KUD dimaksudkan untuk mendorong aktif KUD dalam mensukseskan program ketahanan pangan nasional yang bergerak dari sector pertanian pangan & holtikultura, peternakan, perikanan, perkebunan, kehutanan dan industri turunannya melalui kerjasama kemitraan lintas kementrian atau lembaga atau instansi terkait lainnya.

Terlepas dari pentingnya koperasi digerakkan kembali di daerah-daerah khususnya daerah pedesaan, pemerintah juga harus turut berperan aktif dalam mengawasi kinerja sebuah koperasi di masing-masing daerah. Ini dilakukan guna mencegah kejadian yang tidak terduga yang mengakibatkan para anggota koperasi mengalami kerugian seperti yang terjadi pada kasus koperasi langit biru pimpinan Jaya Komara belum lama ini. Pemerintah juga harus turut aktif mensosialisasikan kepada masyarakat tentang perlunya kehati-hatian terhadap iming-iming investasi dengan bunga besar. Karena bank sebagai penyimpan dana nasabah yang dananya telah dijamin oleh pemerintah tidak dapat sesuka hati menentukan besarnya suku bunga tabungan. Itupun tidak sampai sebesar yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga non pemerintah.

Demikianlah tulisan ini saya buat, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Terima Kasih

 

Narasumber :

 

http://dalila-re.blogspot.com/2012/04/peran-koperasi-unit-desa-bagi-pedesaan.html

http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1028:syarief-hasan-kud-harus-menjadi-kekuatan-ekonomi-pada-tahun-2013&catid=50:bind-berita&Itemid=97

http://penabulu.org/2011/09/pengertian-dan-tujuan-koperasi/

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s